Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (2024)

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (1)

Dana darurat merupakan salah satu pos yang wajib ada dalam pengelolaan keuangan kita pastinya, karena Dana Darurat digunakan unuk keperluan kita apabila ada kejadian di luar kontrol kita, maka digunakanlah dana darurat ini, nah apabila teman-teman ada yang bingung apa sih investasi yang coco*k untuk dana darurat ini ??

Teman-teman sekalian dapat melihat dan menyimak dengan seksama mengenai Apa saja sih Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat?? Teman-teman dapat melihat sebagai berikut berikut :

  1. Return Lebih Tinggi dari Inflasi
Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (2)

Dana darurat pastinya membutuhkan cukup dana untuk meng-cover kegiatan yang tidak terduga kita kedepannya, nah, disini dana tersebut setiap tahun pasti terkena gelombang yang namanya inflasi, inflasi ini merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara terus-menerus biasanya dihitung berdasarkan tiap tahun, jadi bagaimana dong??

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (3)

Nah rekomendasi dari beberapa ahli lebih condong untuk Investasi emas, investasi emas merupakan instrumen yang sudah sangat terkenal ampuh menangkal dari inflasi dan pergerakannya cenderung lebih stabil tiap tahun. Dari investasi emas ini saya memang cenderung untuk alokasi dana investasi untuk post dana darurat, dengan berbagai jenis berat gram emas yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, sehingga dapat menarik dana kapan saja untuk kebutuhan dana darurat kita nantinya.

2. Nilai Liquid/Mudah dicairkan

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (4)

Namanya dana darurat pastinya seseorang membutuhkan dana secepat mungkin untuk meng-cover dari keadaan darurat yang tidak direncanakan kita nantinya, nah lagi-lagi saya lebih condong ke Investasi emas dan Reksadana dengan dibantunya aplikasi keuangan saat ini maka dengan waktu 1 hari saja, portofolio yang kita cairkan dapat segera masuk ke rekening teman-teman secara langsung, sebagai contoh emas dapat lebih mudah dicairkan baik dari bentuk fisik maupun digital, nah di keadaan darurat instrumen emas lebih cepat untuk dicairkan bisa di toko emas, aplikasi digital atapun di outlet Pegadaian terdekat di sekitar anda.

3. Mudah diakses

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (5)

Nah disini, lebih bersifat dari sifat kehati-hatian teman -teman dalam memilik platform investasi yang menurut teman-teman lebih mudah, aman, dan terjamin dalam transaksinya. Karena kita tahu bahwa di zaman sekarang sudah banyak beredar platform aplikasi digital yang menawarkan berbagai macam kelebihan dan kekurangan di setiap platform digital yang ditawarkan

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (6)

Nah, yang pastinya teman-teman perlu melihat apakah platform tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk lebih memastikan keamanan berinvestasi di masa mendatang nantinya, jangan sampai teman-teman terlena dengan tampilan penawaran iklan platform digital yang ada di internet saja, risiko yang bisa didapat lebih besar didapat bisa saja niatnya teman-teman yang mau investasi untuk penyiapan dana darurat, malah jadi rugi akibat tidak mengulik lebih mendalam platform investasi tersebut.

Maka mengapa pentingnya penelusuran lebih lanjut platform investasi tersebut?

Pastinya agar teman-teman lebih mendapat gambaran penuh apa platform yang lebih baik untuk investasi kita kedepannya untuk keperluan dana darurat atau teman-teman dapat datang langsung ke lembaga resmi penyedia investasi tersebut, contoh resminya seperti Pegadaian, karena di setiap daerah pastinya sudah terdapat outlet Pegadaian jadi teman-teman lebih lega dalam transaksi investasi untuk dana darurat !!!

4. Diversifikasi Portofolio Investasi

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (7)

Teman-teman disini dapat men-diversifikasi dana investasi teman-teman tidak hanya terpacu pada 1 (satu) instrumen investasi saja, contoh apabila teman-teman sudah mempunyai portofolio saham, maka dana yang teman-teman punya bisa dibagi ke beberapa instrumen investasi yang lainnya, dengan tingkat risiko yang berbeda-beda.

Nah, contoh kasus ini seperti yang saya jelaskan tadi seperti teman-teman punya portofolio saham, yang dimana saham merupakan portofolio Risiko Tinggi (High Risk), nah dana yang lainnya kedepannya dapat teman-teman alihkan ke Reksadana (Medium Risk) dan Invest Emas (Low Risk).

Mengapa perlunya dilakukan diversifikasi portofolio???

Inti dari Diversifikasi ini sangat terkait erat dengan tujuan teman-teman mengenai kepunyaan investasi untuk penyediaan dana darurat. Nah dari adanya berbagai macam portofolio dengan tingkat risiko yang berbeda-beda ini dapat dimanfaatkan teman-teman apabila membutuhkan dana cepat atau dana tidak terduga dapat menggunakan dana portofolio yang teman-teman punya seperti portofolio Low Risk atau Medium Risk.

5. Cek Investasi tersebut Wajib Aman dan Tersertifikasi

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (8)

Nah, disini dapat menjadi catatan tebal bagi teman-teman meskipun insrumen tersebut sudah pasti liquid dan bagus tapi apabila platform dan penjualnya gak aman, apalagi sertifikasinya mencurigakan tetap saja teman-teman dapat terkena penipuan investasi, jangan sampai deh terkena investasi bodong seperti itu ya!!. Rekomendasi saya memang investing untuk Logam Mulia di Pegadaian lebih terjamin prosesnya dan yang pasti aman tersertifikasi.

Nah itulah pentingnya Investasi untuk mewujudan kebutuhan teman-teman termasuk dana darurat, dan juga dapat dilakukan sebagai instrumen investasi jangka panjang seperti teman-teman pingin punya rumah, naik haji, pendidikan lebih lanjut ataupun berliburan ke tempat yang estetik dapat tercapai !!!

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (9)

Baiklah sekian dan terima kasih semoga bermanfaat bagi teman-teman tentang Ciri Investasi untuk Dana Darurat, akhir kata see you di artikel selanjutnya!!! 🙂

Apa saja Ciri Investasi yang coco*k untuk Dana Darurat? (2024)

FAQs

Berapa persen untuk dana darurat? ›

Untuk mengumpulkan dana darurat, Anda dapat menyisihkan 10% dari penghasilan per bulan hingga jumlah dana darurat yang Anda targetkan terpenuhi. Jika tidak mampu untuk mengalokasikan 10% dari penghasilan, tidak masalah jika mengalokasikan dengan jumlah di bawah itu.

Apakah dana darurat dan tabungan sama? ›

Berikut adalah perbedaan utama antara dana darurat dan tabungan, yaitu sebagai berikut: Tujuan Utama: Dana darurat dirancang untuk keadaan darurat dan kebutuhan mendesak, sem*ntara tabungan digunakan untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek atau jangka panjang.

Dana darurat digunakan untuk apa? ›

Bangun Perencanaan Keuangan Lebih Bijak

Dana darurat memberikan perlindungan finansial saat terjadi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau penyakit yang memerlukan pengeluaran besar. Singkatnya, dana darurat memberikan rasa aman dan mengurangi stres finansial.

Dana darurat perbulan berapa? ›

Perhitungan untuk berapa besaran dana yang perlu dikeluarkan untuk dana darurat adalah untuk mereka yang masih single atau tidak mempunyai tanggungan adalah sebesar 3-6 kali gaji yang dimiliki. sem*ntara untuk mereka yang sudah mempunyai keluarga, besar dana darurat yang dibutuhkan adalah 6-12 kali gaji yang didapat.

Dana darurat apakah legal? ›

Yang paling penting, dimanapun kamu menempatkan dana darurat, pastikan produk keuangan tersebut merupakan produk yang legal dan sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apakah dana darurat bisa berupa emas? ›

Terakhir, emas merupakan tempat menyimpan dana darurat yang aman. Pasalnya, emas batangan termasuk ke dalam instrumen yang tergolong likuid dan mudah dijual. Mungkin emas batangan terkadang bersifat fluktuatif mengikuti harga pasar. Akan tetapi umumnya harga emas selalu melambung naik untuk jangka panjang.

Investasi bisa dengan apa saja? ›

Saat ini, bentuk investasi sudah sangat beragam dan tidak hanya terbatas pada saham dan deposito. Contoh lainnya antara lain seperti obligasi, asuransi, reksadana, tanah, emas, hingga crypto. Tujuan atau manfaat investasi sangat banyak.

Berapa dana darurat yang harus disisihkan? ›

Adapun besaran nominal kebutuhan dana darurat setiap individu berbeda-beda, menyesuaikan profesi, jumlah penghasilan kebutuhan, dan gaya hidup. “Adapun besaran minimal dana darurat ideal yang harus dipersiapkan adalah 6-12 kali lipat pengeluaran per bulan dengan mempertimbangkan kondisi masing-masing.

Apa keuntungan yang kita dapatkan jika kita rajin menabung? ›

Manfaat menabung yang utama tentu saja untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tak terduga. Dalam keuangan yang sehat, Anda perlu memiliki dana darurat yang memadai. Besarnya antara 6-12 kali nilai pengeluaran rutin bulanan.

Dana bisa digunakan untuk apa saja? ›

Apa saja keuntungan menggunakan DANA?
  • Tagihan Listrik.
  • Tagihan Air.
  • Tagihan Internet.
  • Iuran BPJS.
  • Pembelian Pulsa.
  • Belanja online di aplikasi Bukalapak.com dan Lazada.com.

Apa yang akan kalian lakukan jika memiliki uang dalam jumlah yang besar? ›

Punya Uang Berlebih, Sebaiknya Harus Diapakan?
  1. Bayar Hutang Jika Ada. ...
  2. 2. Sisihkan Untuk Dana Darurat. ...
  3. 3. Investasi. ...
  4. Memiliki Asuransi Jiwa. ...
  5. Memiliki Asuransi Pensiun. ...
  6. 6. Tabungan untuk di hari tua nanti.
Sep 20, 2021

Berapa lama pencairan dana darurat? ›

Dana akan diterima oleh nasabah paling lambat 1 x 24 jam.

Apa yang dimaksud dengan dana darurat? ›

Sesuai namanya, dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk keadaan darurat. Misalnya, sebagai antisipasi saat terkena musibah, PHK, jatuh sakit, bangkrut, dan hal lainnya yang cukup membebani pengeluaran.

Apakah yang dimaksud dana darurat? ›

Dana Darurat adalah dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada daerah yang mengalami bencana nasional dan/atau peristiwa luar biasa.

Apakah dana aman untuk menyimpan uang? ›

Apakah aman untuk melakukan transaksi dengan aplikasi DANA? Ternyata, meskipun tidak diawasi OJK, DANA tetap aman digunakan karena diatur dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia. Supaya lebih paham, yuk, simak penjelasan sebagai berikut!

Apa saja pengeluaran bulanan rumah tangga? ›

Pengeluaran rumah tangga yang masuk daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, belanja dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transport kerja, pendidikan anak apabila sudah memasuki usia sekolah, hingga cicilan kendaraan atau rumah.

Apa itu piramida keuangan? ›

Singkatnya, piramida perencanaan keuangan adalah rumusan prioritas rencana keuangan Anda. Penentuan skala prioritas ini didasarkan pada kebutuhan dan gaya hidup Anda dengan mempertimbangkan ketidakpastian di masa depan.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arline Emard IV

Last Updated:

Views: 6628

Rating: 4.1 / 5 (52 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arline Emard IV

Birthday: 1996-07-10

Address: 8912 Hintz Shore, West Louie, AZ 69363-0747

Phone: +13454700762376

Job: Administration Technician

Hobby: Paintball, Horseback riding, Cycling, Running, Macrame, Playing musical instruments, Soapmaking

Introduction: My name is Arline Emard IV, I am a cheerful, gorgeous, colorful, joyous, excited, super, inquisitive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.